Kamis, 27 Mei 2021

Fisika Kerja di Perusahaan??

 Halo, lama ngga pernah nulis, sekarang aku kembali 😁. Biasanya kalau mulai nulis lagi berarti sedang ingin merefresh diri dan introspeksi diri. Sekarang, tanggal 18 Mei 2021, waktu berjalan begitu cepat ya teman, tidak terasa sudah 8 tahun berlalu. "Apa kabar kalian?, semoga ditengah kondisi pandemi yang menggemparkan bumi ini kalian selalu sehat dan diberikan panjang umur untuk tetap bisa berkarya dan menikmati indahnya hidup". Kali ini aku mau share sama kalian tentang pengalaman aku pertama kalinya daftar di perusahaan swasta survei yang cukup besar di Indonesia. Aku seorang sarjana lulusan program studi fisika fakultas MIPA di tahun 2015, kemudian nasib membawa ku mendapatkan beasiswa dari Kemenristek DIKTI pada tahun tersebut dan menuntunku untuk tetap meneruskan pendidikanku ke jenjang yang lebih tinggi di tahun yang sama. Sehingga pada tahun 2015 itulah aku menjadi salah satu mahasiswa pascasarjana di salah satu kampus di dalam negeri pada program studi fisika fakultas MIPA. Singkat cerita di tahun 2017 aku lulus dan mendapatkan gelar Magister Sains (M.Si), tentunya tanpa predikat cumlaude (apalah artinya IP jika dalam pekerjaan skill menjadi yang nomor satu). Setelah itu, apa yang terjadi?, YUP, dunia kerja menanti (Welcome to the real life). Selama 2017 sampai 2020 aku mencoba beberapa lowongan pekerjaan yang ada, namun gagal (next aku akan cerita ketika sudah siap, haha) hingga akhirnya di tahun 2021 ini aku mencoba mengubah cara pandangku untuk mencoba membuka wawasan pada dunia kerja yang penuh tuntutan profesionalisme di bidangnya yaitu di salah satu perusahaan swasta di bidang survei informasi global terbesar di Indonesia. Aku mendaftar di bagian "Team Data Performance". Job description (Jobdes) dari bagian itu tentunya bukanlah yang biasa aku tekuni, kualifikasi yang mereka perlukan yaitu kemampuan mengolah database dengan menggunakan office ataupun pengolah data lainnya seperti SPSS yang mana jobdes ini tidak akan diterangkan detail bagi beberapa perusahaan misal saja hanya dituliskan menguasai office, mySQL dan PHP. Bagi yang lulusan fisika, mungkin ada sebagian yang mendapatkan materi mengenai database maupun yang sama sekali tidak. Singkat cerita aku mengirimkan lamaran dan mendapatkan panggilan wawancara. Nah, dari sini lah yang sebenernya ingin aku sharing ke kalian. Gimana sih pengalaman wawancaraku dengan mereka dan semoga bisa menjadi pelajaran untuk kalian agar ngga mengulang cerita yang sama denganku.

Di tahap awal, seperti wawancara pada umumnya kalian akan ditanya mengenai identitas diri kalian (seperti perkenalan). Selanjutnya kalian akan ditanya mengenai ekspektasi kalian bekerja di perusahaan tersebut. Nah...di tahap ini, pertanyaan yang diajukan sedikit tricky...karena apa?, jika kalian tidak paham sebenarnya apa jobdes yang dimiliki lowongan yang kalian apply maka pertanyaan berikutnya akan menjadi bumerang bagi diri kalian sendiri. Menurut kalian jika jobdes dari lowongan seperti yang aku sebutkan sebelumnya, jawaban kalian akan seperti apa??. Jika kalian menjawab seperti aku yang sok tau jobdes nya tapi ternyata salah haha, welcome failure...pihak perusahaan akan langsung meng-cut dan menyimpulkan kalau kalian ngga fit dengan job itu. Lalu, gimana harusnya?, nah loh??. setelah melewati introspeksi dan perenungan diri yang mendalam 😁 terciptalah opini ini : harusnya jawaban yang aku berikan lebih umum jika konteksnya aku ngga paham betul jobdes nya seperti apa, seperti misalnya "ekspektasi saya terhadap posisi ini yaitu saya bisa bekerja dalam menginput database menggunakan software yang digunakan oleh perusahaan.". Jika pertanyaan selanjutnya menggunakan software apa maka kembalikan pada kualifikasi yang diminta oleh perusahaan, dalam hal ini yaitu office, mySQL dan PHP. Jika kalian belum pernah menggunakannya, paling tidak tunjukkan bahwa kalian adalah orang yang gampang mempelajari sesuatu sehingga mereka yakin kalo mereka nerima kalian itu mereka ngga perlu waktu lama buat mentraining kalian, karena apa?, karena perusahaan pasti maunya orang yang ready to use, kalo kelamaan biaya trainingnya kan mahal belum lagi pekerjaan yang harus dihandle keburu deadline haha. Under pressure is a must sih kalo kerja di perusahaan. Next, pertanyaan selanjutnya, kalian akan ditanya dasar atau arti "main subject"  yang dikerjakan oleh posisi yang kalian apply. Kalo disini yang ditanya ya seputar database, kayak database itu apa sih?, varian nya kira - kira apa saja yang kalian tahu?. Kalo ini ngga perlu dibahas googling aja ya, biar kalian dapat informasinya detail. Next, karena aku lulusan pascasarjana, so aku ditanya kenapa lulusan pascasarjana pengen bergabung dengan mereka, kenapa ngga jadi dosen aja?, nah kalo ini mending jawab sejujurnya, jangan kasih jawaban template seperti pengen dapat pengalaman dan pengen mengaplikasikan ilmu, karena apa?, mereka akan ngga notice kamu dan kayak males ngedengernya gitu. Misal kamu kerja karena butuh duit ya bilang aja "saya kerja karena untuk mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan pak". Jadi orang serealistis mungkin, jangan gunakan angan - angan untuk membangun opini karena mereka ngga akan notice kamu nantinya. Next, jika ditanya gaji maka amannya dijawab UMR aja kalo kalian memang belum punya pengalaman seperti aku. Terakhir, jika ditanya kenapa kamu jurusan fisika mau mendaftar di posisi ini yang hubungannya sama statistik?, jelaskan kalo fisika itu ngga cuma bahas hukum archimides dan newton aja pak, fisika itu luas pak, bapak bahas database pasti bahas fungsi data, di fisika fungsi data juga banyak dipelajari, mau ngolah data audio ada Fast Fourier Transform, ada fungsi Bessel, mau ngolah data image ada finite element, finite volume mau ngolah data riil jadi imaginer, imaginer jadi riil ada fungsi Kramers-Kronig, mean, median, modus juga ada di fisika. Kalo ngurusin data eksperimen malah dihitung erornya juga, ngga cuma diolah datanya aja haha. Intinya jelasin kalo fisika yang kamu geluti ngga sesempit pandangan mereka sehingga mereka dapat gambaran kalo kalian layak dan bisa diajak bekerja sama di perusahaan tersebut dengan kontribusi yang riil. -Sekian-

Sukses untuk kita semua. Fighting para jobseeker!!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar